A. Visi Badan Penjaminan Mutu Universitas Ngudi Waluyo

Menjadi organisasi penjaminan mutu yang handal dalam implementasi sistem manajemen mutu yang mampu menjamin terpenuhinya standar mutu dan kepuasan pengguna layanan untuk mewujudkan UNW sebagai universitas berbudaya kesehatan dan bereputasi internasional tahun 2040

B. Misi Universitas Ngudi Waluyo

  1. Membangun dan mengembangkan model sistem penjaminan mutu yang memenuhi standar nasional dan internasional
  2. Membangun dan mengembangkan standar mutu (sasaran mutu dan rencana mutu), prosedur mutu akademik dan non akademik dari sistem penjaminan mutu di Universitas Ngudi Waluyo
  3. Memastikan implementasi sistem penjaminan mutu di seluruh unit di Universitas Ngudi Waluyo
  4. Memastikan kepuasan pelanggan dan pemangku kepentingan Universitas ngudi Waluyo terpenuhi
  5. Membangun dan mengembangkan budaya mutu bagi sumber daya manusia dan organisasi di lingkungan Universitas Ngudi Waluyo
  6. Melakukan perbaikan yang terus menerus dalam implementasi dan pengembangan sistem penjaminan mutu Universitas Ngudi Waluyo
  7. Memberikan kontribusi positif universitas Ngudi Waluyo

C. Tujuan Badan Penjaminan Mutu Universitas Ngudi Waluyo

  1. Menjamin bahwa setiap layanan pendidikan kepada mahasiswa dilakukan sesuai standar yang ditetapkan, sehingga apabila diketahui bahwa standar tersebut tidak bermutu atau terjadi penyimpangan antara kondisi riil dengan standar akan segera diperbaiki;
  2. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat, khususnya orang tua/wali mahasiswa, tentang penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan;
  3. Mengajak semua pihak/unit di UNW untuk bekerja mencapai tujuan dengan berpatokan pada standar dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu.

D. Prinsip Badan Penjaminan Mutu Universitas Ngudi Waluyo

Untuk mencapai tujuan Sistem Penjaminan Mutu UNW tersebut di atas dan juga untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan UNW, maka civitas akademika dalam melaksanakan SPMI pada setiap aras dalam universitas berpedoman pada prinsip:

  1. Berorientasi kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal
  2. Mengutamakan kebenaran;
  3. Tanggungjawab sosial;
  4. Pengembangan kompetensi personel;
  5. Partisipatif dan kolegial;
  6. Keseragaman metode;
  7. Inovasi, belajar dan perbaikan secara berkelanjutan

E. Tahap Pengelolaan Badan Penjaminan Mutu Universitas Ngudi Waluyo

  1. Penetapan (P); memformulasi/reformulasi:
    1. Visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian
    2. Rencana strategis
    3. Kebijakan dan peraturan
    4. Penentuan/penyesuaian standar
  2. Pelaksanaan (P); pelaksanaan meliputi Masukan, Proses, Keluaran terhadap pencapaian standar mutu internal
  3. Evaluasi (E); yang yang mencakup:
    1. Evaluasi mutu internal setiap satuan kerja terhadap kesesuaian standar mutu internal
    2. Persiapan (pendampingan) mutu institusi dan eksternal program studi terhadap penilaian Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT)
  4. Pengendalian (P) dilakukan:
    1. Secara rutin setiap tahun, terhadap: perbaikan mayor dan minor dari standar mutu
    2. Secara periodik yaitu paling lama sekali dalam lima tahun, terhadap: Kebijakan Mutu Internal, Standar Mutu Internal, Peraturan Akademik, Spesifikasi Program Studi
  5. Peningkatan (P) dilakukan:

    Peningkatan standar mutu yang masih tergolong cukup, lebih dari cukup dan baik